Hi, guest ! welcome to AM-Shared. | About Us | Contact | Register | Sign In
<div style='background-color: none transparent;'><a href='http://am-shared.blogspot.com/2012/05/memasang-rss-ticker-javascript-hotline.html' title=''>Pasang Rss ticker</a></div>

Jumat, 22 Maret 2013

Ditulis Oleh : Unknown - Berbagi Kreasi

Admin : Ali Mahmudi
Email : am.cybers@yahoo.com
Terbit : Jumat, 22 Maret 2013
Judul : Sehatkan Mental Dengan Meditasi Untuk Yang Susah Bergaul

:: Lihat info lengkap penulis ::

Sehatkan Mental Dengan Meditasi Untuk Yang Susah Bergaul

Unknown Jumat, 22 Maret 2013

Sehatkan Mental Dengan Meditasi Untuk Yang Susah Bergaul - Rasa kesepian akibat kurang bergaul bisa berdampak pada masalah kesehatan yang lebih serius, misalnya peningkatan risiko gangguan jantung serta kematian dini. Bagi yang memang susah bergaul, meditasi bisa mengurangi risiko tersebut.

Peningkatan risiko kematian dini akibat rasa kesepian sering terjadi pada lansia (lanjut usia) yang memang sudah tidak punya banyak teman. Selain menjadi lebih rentan sakit jantung, lansia yang kesepian juga bisa lebih cepat pikun dan mengalami masalah kesehatan lainnya.

Pada orang tua atau khususnya lansia, mengharapkan pergaulan yang luas seperti pada waktu muda tentu agak susah diwujudkan. Meski begitu, bukan berarti peningkatan risiko sakit jantung dan kepikunan maupun kematian dini tidak bisa dicegah sama sekali.

Sebuah penelitian di Carnegie Mellon University menunjukkan, meditasi bisa mengatasi rasa kesepian pada lansia yang sudah tidak mungkin lagi memperluas pergaulannya karena faktor usia. Dengan meditasi, penderitaan akibat rasa kesepian bisa ditekan seminimal mungkin.

Penelitian yang melibatkan 40 orang tua sehat berusia 55-85 tahun ini menunjukkan efektivitas meditasi dalam mengusir rasa sepi. Begitu juga saat dibandingkan dengan pemeriksaan darah dan indikator kesehatan yang lain, meditasi bisa memperbaiki kualitas hidup para lansia.

Kunci dari meditasi yang rata-rata dilakukan oleh para partisipan selama 30 menit perhari selama 8 pekan ini adalah rasa rileks dan tenang. Perasaan damai yang didapat bisa menurunkan risiko inflamasi atau radang, yang merupakan faktor risiko utama pada kematian dini akibat kanker maupun sakit jantung.

"Temuan ini untuk pertama kalinya memberi indikasi bahwa ekspresi gen pada sistem imun bisa diatur melalui intervensi psikologis," kata salah seorang ilmuwan yang terlibat dalam penelitian ini, Steven Cole.

NB :
"hanya sekedar berbagi bahwa betapa pentingnya bergaul demi menjaga atau menyelaraskan kehidupan sekitar"

Sumber : http://health.detik.com/read/2012/07/29/120856/1977588/763/meditasi-bagus-untuk-kesehatan-mental-bagi-yang-susah-gaul?l771108bcj

Comments
0 Comments

Join Us!

Site Info


Free PageRank Checker
Review http://am-shared.blogspot.com on alexa.com